Jumat, 14 Juni 2013

istilah medis III

Abbreviations and Symbols


1.        HSM ................ hepatosplenomegaly
Hepatosplenomegali merupakan istilah kedokteran yang merujuk pada pembengkakan hati (hepatomegaly) dan limpa (splenomegaly). Hepatosplenomegali dapat terjadi sebagai akibat dari kelainan non-genetis dimana hati tidak dapat memproses glukoserebrosida. Penumpukan substansi tersebut di jaringan-jaringan tubuh dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan pada sistem saraf pusat pada bayi dan anak-anak.

2.        heme................ hemorrhage
mengeluarkan darah

3.        Hemopt ............ hemoptysis
Hemoptisis atau batuk darah adalah keluarnya darah melalui mulut yang berasal dari paru atau saluran bronkial sebagai akibat perdarahan pulmonal atau perdarahan bronkial. Batuk darah adalah ekspektorasi darah atau mukus yang berdarah.


4.        hgb................... hemoglobin
Hemoglobin adalah molekul protein pada sel darah merah yang berfungsi sebagai media transport oksigen dari paru paru menuju keseluruh jaringan tubuh dan membawa karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru paru. Kandungan zat besi yang terdapat dalam hemoglobin membuat darah menjadi berwarna merah.

5.        Ig ..................... immunoglobulin
Immunoglobulin atau Antibodi merupakan suatu fraksi plasma (serum) yang bereaksi secara khusus dengan antigen yang merangsang produksinya. Berat molekulnya dari terendah sekitar 150.000 (angka sedimentasi 7S) untuk  komponen IgG hingga fraksi dengan berat molekul 900.000 (19S) untuk IgM.

6.        IgG................... Immunoglobulin G
Imunoglublin G (IgG) adalah antibodi yang ditemukan di semua cairan tubuh. Ini adalah antibodi terkecil namun paling umum (75% sampai 80% dari semua antibodi). Antibodi IgG sangat penting dalam memerangi infeksi bakteri dan virus dan merupakan satu-satunya jenis antibodi yang dapat melintasi plasenta pada wanita hamil untuk membantu melindungi bayi (janin). IgG selalu tersedia untuk membantu menangkal infeksi dan juga siap untuk mereproduksi dan menyerang ketika zat-zat asing memasuki tubuh. Kehadiran IgG dalam serum darah biasanya mengindikasi infeksi baru atau remote. IgG paling umum sekitar 3 minggu setelah infeksi dimulai. IgG dibagi menjadi empat subklas yang berbeda dari IgG1 sampai IgG4.

7.        K ...................... cornea
Kornea adalah bagian mata yang paling depan, yang tidak berwarna atau bening, yang secara awan kita lihat seolah-olah hitam atau coklat atau biru dan sebagainya.Kornea tidak ada pembuluh darah, makanannya berasal dari oksigen dan dari air mata yang membasahi kornea itu. Maka begitu kornea tertutup lama, misal memakai lensa kontak pada waktu tidur maka akan kekurangan oksigen atau hypoksia yang akibatnya mata kelihatan merah. Merah di sini karena pembuluh darah yang ada di konjungtiva dan sclera akan mengirim oksigen yang ada dalam darah dan akan mengakibatkan munculnya pembuluh darah baru atau neovaskularisasi, hal merupakan salah satu komplikasi pemakai lensa kontak.

8.        K+.................... potassium
Potassium adalah salah satu elektrolit-elektrolit utama, dan dikonsentrasikan didalam sel-sel dari tubuh. Hanya 2% dari total potassium tubuh tersedia dalam serum (bagian cairan dari aliran darah yang bukan sel-sel darah merah atau putih atau platelet-platelet). Perubahan-perubahan kecil pada tingkat-tingkat serum dari potassium dapat mempengaruhi fungsi tubuh. Salah satu dari fungsi-fungsi yang penting dari potassium adalah pemeliharaan potensial listrik sel. Serum memandikan sel-sel, dan jika tingkat serum potassium jatuh, sel-sel dengan aktivitas listrik yang tinggi (contohnya, otot-otot dan syaraf-syaraf) terutama dipengaruhi.
9.        LSC ................. laparoscopy
Laparoscopy adalah suatu tindakan memasukkan laparoscope kedalam rongga peritoneal untuk mendiagnosis penyakit dan sebagai terapi pada klien dengan gangguan gastrointestinal.Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan jarum kecil pada dinding abdomen dengan menggunakan fiberoptic laparoscope khusus. Selanjutnya gas (carbon dioxide) dimasukkan dalam rongga abdomen untuk mepermudah visualisasi. Insisi dilakukan dibawah umbilikus untuk memvisualisasikan struktur rongga abdomen.

10.    MHM................ Medicine Hematology
Ilmu yang mempelajari tentang darah serta jaringan yang membentuk darah. Darah merupakan bagian penting dari system transport. Darah merupakan jaringan yang berbentuk cairan yang terdiri dari 2 bagian besar yaitu plasma darah dan bagian korpuskuli.

http://ikafauzi-cc.blogspot.com/2013/06/istilah-medis-ii.html
http://ikafauzi-cc.blogspot.com/2013/06/istilah-medis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar