Kamis, 13 Juni 2013

istilah medis


Abbreviations and Symbols

1.        AIDS ................ acquired immunodeficiency syndrome
AIDS adalah kumpulan dari gejala dan infeksi atau biasa disebut sindrom yang diakibatkan oleh kerusakan sistem kekebalan tubuh manusia karena virus HIV, sementara HIV singkatan dari Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang dapat melemahkan kekebalan tubuh pada manusia. Jika seseorang terkena virus semacam ini akan mudah terserang infeksi oportunistik atau mudah terkena tumor. Untuk sampai saat ini, penyakit HIV AIDS belum bisa disembuhkan dan ditemukan obatnya, kalau pun ada itu hanya menghentikan atau memperlambat perkembangan virusnya saja.

2.        abn................... abnormal
abn adalah ciri-ciri yang ditetapkan secara subjektif, diberikan pada mereka dengan kondisi difungsi atau jarang.Yang utama adalah apakah mereka yang menunjukkan tingkah-laku ini mampu mengontrol perangai mereka. Jiga mereka gagal, perangai ini lebih cenderung dianggap luar biasa.

3.        ACC ................. Ambulatory Care Clinic
Satellite ambulatory care units adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien yang tidak dirawat sebagai pasien rawat inap di luar rumah sakit, dalam artian fasilitas ini secara fisik terpisah dari rumah sakit, pelayanan yang ada di dalamnya meliputi pelayanan primer, pelayanan komprehensif, atau pelayanan untuk populasi khusus atau kebutuhan khusus ( misalnya keluarga berencana, kedokteran olahraga, kesehatan ibu dan anak, pelayanan preventif,dan sebagainya).

4.        anes ................. Anesthesia
Anesthesia (pembiusan) adalah pengurangan atau penghilangan sensasi untuk sementara, sehingga operasi atau prosedur lain yang menyakitkan dapat dilakukan.

5.        ANLL................ acute non-lymphocytic leukemia
Acute Nonlymphocytic Leukimia (ANLL) atau Acute Myeloproliferative Leukemia (AMLL) adalah penyakit maligna yang progressif terhadap jaringan hematopoetic dan menyebabkan kerusakan stem cell. Ini dikarakteristikan oleh perdominan dari sel marrow immature yang menghalangi diferensiasi atau sebagian diferensiasi dari maturasi dengan atau tanpa keterlibatan dari darah di sekitarnya. Normalnya elemen myeloid menurun jumlahnya, tetapi pada penyakit ini didapat sel-sel leukemia dan bahkan berubah jika proliferasi maligna tidak terkontrol. Acute Acute Nonlymphocytic Leukimia (ANLL) merupakan penyakit yang fatal. Kematian biasanya disebabkan oleh efek dari pansitopenia (anemia, bleeding dan penurunan kekebalan terhadap infeksi). Acute Nonlymphocytic Leukimia (ANLL) ditemukan terhadap orang dewasa tetapi penyakit ini juga ditemukan pada semua umur. Factor predisposisi pada laki-laki. 

6.        ANA ................. antinuclear antibody
Anti-nuklir antibodi (juga dikenal sebagai anti-nuclear factor atau ANF) adalah autoantibodi yang mempunyai kemampuan mengikat pada struktur-struktur tertentu didalam inti (nukleus) dari sel-sel lekosit. ANA yang merupakan imunoglobulin (IgM, IgG, dan IgA) bereaksi dengan inti lekosit menyebabkan terbentuknya antibodi, yaitu anti-DNA dan anti-D-nukleoprotein (anti-DNP). Anti-DNA dan anti-DNP hampir selalu dijumpai pada penderita SLE. Temuan anti-DNA akan berfluktuasi bergantung pada proses penyakit ini, yang disertai dengan remisi dan eksaserbasi. Anti-DNA 95% dapat ditemukan pada penderita nefritis lupus.

7.        ANC ................. Absolute neutrophil count
jumlah neutrofil dalam darah. Jumlah neutrofil absolut dapat digunakan untuk memeriksa infeksi, peradangan leukemia, dan kondisi lainnya. Pengobatan kanker seperti kemoterapi dapat mengurangi jumlah neutrofil absolut.

8.        bili .................... bilirubin
Bilirubin adalah zat yang terbentuk sebagai akibat dari proses pemecahan hemoglobin atau (zat merah darah) dalam tubuh. Selanjutnya mengalami proses konjugasi di lever, dan akhirnya dieksresikan (dikeluarkan) oleh lever ke empedu kemudian ke usus.

9.        Ca+ .................. calcium
Kalsium adalah unsure kimia dengan nomor atom 20 dan massa atom 40,08. Berupa logam, dengan titik lebur 842°C dan titik didih 1480° C. ditemukan pada tahun 1808 oleh H. Davy, J Berzelias, dan M. Portin. Kalsium tidak terdapat bebas, melainkan terdapat dalam batu ,kapur, adukan semen, beton, bata, kaca, dan cat. Penggunaan kalsium yaitu senyawanya digunakan dalam metalurgi, pengikat nitrogen dari udara, pemutih, penawar bau, dan pembuatan kapur. Kalsium berguna pada bidang biologi yaitu berguna untuk kepentingan kelangsungan hidup karena kalsium merupakan unsur penting dalam organisme hidup, terutama dalam kulit, tulang dan gigi. Kurang lebih 2 % tubuh manusia tersusun dari kalsium.

10.    DVT ................. deep vein thrombosis
Trombosis Vena Dalam (Deep Vein Thrombosis (DVT)) adalah suatu keadaan yang ditandai dengan ditemukannya bekuan darah di dalam vena dalam. Bekuan yang terbentuk di dalam suatu pembuluh darah disebut trombus. Trombus bisa terjadi baik di vena superfisial (vena permukaan) maupun di vena dalam, tetapi yang berbahaya adalah yang terbentuk di vena dalam. 

http://ikafauzi-cc.blogspot.com/2013/06/istilah-medis-ii.html 
http://ikafauzi-cc.blogspot.com/2013/06/istilah-medis-iii.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar