Jumat, 14 Juni 2013

istilah medis IV

1.        PSG................. polysomnogram
Polisomnografi adalah berbagai tes yang dilakukan pada klien sementara pasangan tidur. Polisomnografi semalam adalah pengobatan yang komprehensif yang mengevaluasi gangguan tidur . Hal ini biasanya mencakup pemantauan aliran udara kanan pasien melalui hidung dan daerah mulut, hipertensi, detak jantung yang dihitung oleh elektrokardiograf yang, kadar oksigen dalam darah, otak pola gelombang, gerakan mata, serta gerakan jaringan otot pernapasan dan tungkai. Pesan Anda polisomnografi diciptakan dari inti Yunani poli makna “banyak sekali,” kata benda Latin somnus interpretasi “tidur,” dan kata kerja Yunani graphein interpretasi “untuk menulis.”

2.        REH ................. rehabilitation
Rehabilitation adalah suatu keadaan dimana seseorang yang ditangkap, dituntut, ataupun diadili tanpa alasan yang berdasarkan undang-undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan, maka orang yang dihukumi tersebut wajib diberi ganti kerugian dan rehabilitasi sejak tingkat penyidikan dan para pejabat penegak hukum yang dengan sengaja atau karna kelalaiannya menyebabkan asas hukum tersebut dilanggar, dituntut, dipidana, dan atau dikenakan hukum administrasi.

3.        Se .................... selenium
Selenium adalah mineral penting yang mengaktifkan enzim antioksidan yang disebut glutathione peroksidase, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Selenium juga penting untuk fungsi kekebalan tubuh yang sehat dengan merangsang aktivitas sel-sel darah putih. Dalam studi terkontrol plasebo, suplemen selenium menunjukkan penurunan aktivitas penyakit pada orang dengan tiroiditis autoimun (peradangan tiroid). Dalam percobaan double-blind, suplementasi selenium pada pria usia subur meningkatkan motilitas sel sperma dan meningkatkan peluang konsepsi.

4.        Sib ................... Siblings
Hubungan kekeluargaan


5.        Smd ................. somatomedin
Somatomedin ialah sekelompok mediator faktor pertumbuhan. In vitro, somatomedin meningkatkan inkorporasi sulfat ke dalam jaringan tulang rawan, karena itu zat ini dulu disebut sulfation factor. Kmd ternyata bahwa masih banyak efek lain yg dpt ditimbulkan shg zat ini disebut somatomedin. Zat dg aktivitas seperti somatomedin juga terdpt dalam serum manusia; zat ini bertambah pada akromegali dan menghilang pada hipopituitarisme. In vitro, juga merangsang sintesis DNA, RNA dan protein oleh kondrosit.

6.        TB,TBC ............ tuberculosis
TBC yang sering disebut juga TB atau Tuberculosis adalah suatu penyakit MEMATIKAN karena kuman Mycobacterium Tuberculosis. Jumlah penderita TBC sangat banyak di Indonesia, diperkirakan ada sekitar 429ribu orang penderita TBC. Mirisnya,  mayoritas menyerang usia produktif..

7.        unilat ................ unilatera
8.        Xe .................... Xenon
9.        Zn0................... zinc oxidel


semoga bermanfaat..
*hargai sesama blogger* 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar